--> Topologi Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial

Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial - Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan kompu...

Topologi Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial - Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, ring, star dan mesh. Dalam suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan / kerugian dari masing - masing topologi berdasarkan karakteristiknya.

Bus Topology

Jaringan komputer Bus Topology menggunakan kabel tunggal common backbone untuk menghubungkan semua komputer. Sebuah kabel tunggal, common backbone berfungsi sebagai media komunikasi bersama dari komputer dengan memanfaatkan konektor interface. Sebuah perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan akan mengirim pesan broadcast melalui kawat dan semua perangkat lain dapat melihat, tetapi hanya penerima pesan yang dituju yang benarbenar menerima dan memproses pesan. Topologi bus ethernet relatif mudah untuk diinstal dan tidak memerlukan banyak pengkabelan dibandingkan dengan alternatif lain. Namun, jaringan bus hanya dapat bekerja dengan baik dengan jumlah komputer terbatas. Jika lebih dari beberapa lusin komputer yang berada dalam jaringan bus, masalah kinerja akan menjadi lambat. Selain itu, jika kabel utama jaringan gagal, seluruh jaringan secara efektif menjadi tidak dapat digunakan.
Jaringan topologi BUS
Gambar 1.1: Jaringan topologi BUS



Ring Topology

Dalam sebuah jaringan dengan Ring Topology, setiap perangkat memiliki tepat dua komputer untuk tujuan komunikasi. Semua perjalanan pesan adalah melalui ring dalam arah yang sama (baik "searah jarum jam" atau "berlawanan"). Sebuah kegagalan pada salah satu kabel jaringan dapat menyebabkan seluruh jaringan gagal.

Untuk menerapkan jaringan dengan topologi ini, biasanya menggunakan salah satu dari FDDI, SONET, atau teknologi Token Ring. Topologi ring ditemukan di beberapa gedung perkantoran atau kampus sekolah.
Jaringan topologi Ring
Gambar 1.2: Jaringan topologi Ring



Star Topology

Topologi ini merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server
Jaringan topologi Star
Gambar 1.3: Jaringan topologi Star



Mesh Topology

Topologi Mesh melibatkan konsep rute. Berbeda dengan masing-masing topologi sebelumnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa kemungkinan jalan dari sumber ke tujuan. (Ingat bahwa bahkan dalam sebuah topologi ring, meskipun dua jalur kabel ada, pesan hanya dapat melakukan perjalanan dalam satu arah.) Beberapa WAN, terutama Internet, menggunakan mesh routing.

Dalam jaringan topologi mesh setiap perangkat komputer akan menyambung ke setiap komputer lain yang disebut full mesh. Seperti ditunjukkan dalam ilustrasi di bawah ini, jaringan mesh parsial juga ada di mana beberapa perangkat terhubung hanya secara tidak langsung kepada komputer lain.
Jaringan topologi Mesh
Gambar 1.4: Jaringan topologi Mesh



Tree Topology

Tree Topology mengintegrasikan beberapa topologi star bersama-sama ke sebuah bus. Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya perangkat hub terhubung langsung ke bus tree. Pendekatan topologi tree, hibryd mendukung upgrade masa depan jaringan jauh lebih baik daripada topologi bus yang terbatas dalam jumlah komputer atau bintang yang dibatasi oleh jumlah titik koneksi pusat) saja.
Jaringan topologi Tree
Gambar 1.5: Jaringan topologi Tree



Hybrid Topology 

Topologi Hybrid adalah jaringan yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi.  Sebuah topologi hybrid memiliki semua karakterisitik dari topologi dasar yang terdapat dalam jaringan tersebut.
Jaringan topologi Hybrid
Gambar 1.6: Jaringan topologi Hybrid


Nama

Index,47,Jaringan Komputer,30,Keamanan Jaringan Komputer,3,Printer,17,Tips,12,Troubleshooting,7,
ltr
item
Gerobak Tutorial: Topologi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQvmuV26Q1y6SRLvDAghewIUFDcrEjJrgVKqpKVpqf-b68fJF7FpKNMBmEDf8jSQ5e0V4Pt33Bc5DbJUl2VZN72YVw2BEhHyrjoIZC_tSLFOziwyxWoxt15t6AaHcj11h9wyBl5l_qwbVQ/s320/Gerobak+Tutorial+-+Jaringan+topologi+BUS.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQvmuV26Q1y6SRLvDAghewIUFDcrEjJrgVKqpKVpqf-b68fJF7FpKNMBmEDf8jSQ5e0V4Pt33Bc5DbJUl2VZN72YVw2BEhHyrjoIZC_tSLFOziwyxWoxt15t6AaHcj11h9wyBl5l_qwbVQ/s72-c/Gerobak+Tutorial+-+Jaringan+topologi+BUS.jpg
Gerobak Tutorial
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/topologi-jaringan-komputer.html
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/topologi-jaringan-komputer.html
true
1688899464443038419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content