--> Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial

Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer

Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial - Salah satu unsur penting dalam jaringan adalah sistem operasi (OS) dari komputer...

Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial - Salah satu unsur penting dalam jaringan adalah sistem operasi (OS) dari komputer Anda - yang bisa saja dari berbagai versi Windows, Mac, atau Linux Ubuntu. Perubahan fitur OS penting penting anda perhatikan karena akan berkaitan dengan pengaturan jaringan komputer. Jenis interface jaringan termasuk dalam sistem operasi, dan user friendly, memainkan peran dalam pengembangan jaringan komputer Anda.

OS versi sebelumnya tidak ramah pengguna untuk beberapa fitur jaringan, atau tidak menyertakan jaringan sama sekali. Contoh fitur yang dapat bervariasi dari satu versi OS yang lain atau tidak ada, adalah sebuah interface untuk mengkonfigurasi koneksi jaringan, utilitas untuk mengelola koneksi nirkabel, dan built-in firewall untuk perlindungan terhadap hacker dan infeksi virus. Sebagai jaringan komputer rumah, dan jaringan komputer secara umum, telah menjadi lebih populer dan sistem operasi telah dikembangkan untuk dukungan jaringan yang lebih baik dan direkayasa sehingga rata-rata (nonteknis) konsumen dapat menikmati keuntungan dari jaringan komputer rumah atau tempat lain.

Sistem Operasi Baru dan Jaringan Komputer

Meskipun sistem operasi yang berbeda dapat sangat bervariasi dalam bagaimana OS tersebut beroperasi, seperti halnya dengan Windows, Mac, dan Ubuntu, namun mereka semua mencakup beberapa fitur yang sama ketika dikaitkan dengan jaringan. Sebagai contoh, semua sistem operasi biasanya mempunyai icon network di taskbar atau toolbar utama, konfigurasi built-in untuk koneksi nirkabel, dan perangkat lunak firewall.

1. Ikon Jaringan

Sistem operasi biasanya menampilkan beberapa jenis ikon pada taskbar utama mereka atau toolbar untuk jaringan. Sebagai contoh, pada Windows XP, Anda akan melihat sebuah ikon untuk setiap adapter jaringan yang telah diinstal pada komputer Anda. Ketika Anda membawa kursor mouse ke ikon ini (lihat Gambar 2-1), Anda dapat dengan cepat melihat status koneksi jaringan Anda, seperti kecepatan, dan jika itu untuk koneksi nirkabel, kekuatan sinyal.

Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer
Gambar 1.20: Ikon jaringan pada Windows XP.



Windows 7 fitur hanya satu ikon jaringan, satu untuk Network and Sharing Center. Ketika Anda mengarahkan pointer ke ikon ini, Anda melihat status semua koneksi jaringan Anda. Sedangkan pada Mac OS X dan Ubuntu tidak menunjukkan status sambungan tetapi menunjukkan jaringan nirkabel yang dekat (plus menunjukkan satu yang terhubung dengan Anda).

2. Built-in wireless network utility

Versi yang lebih baru dari sistem operasi juga mencakup jaringan utilitas built-in wireless untuk digunakan jika Anda memiliki kemampuan nirkabel. Utilitas ini menunjukkan jaringan nirkabel di area Anda.
Built-in wireless network utility
Gambar 1.21: Built-in wireless network utility.



Built-in utilitas nirkabel juga memungkinkan Anda mengelola jaringan nirkabel yang terhubung ke komputer Anda. Utilitas ini juga memungkinkan Anda mengkonfigurasi preferensi nirkabel. Misalnya, Windows memungkinkan Anda menentukan apakah komputer Anda secara otomatis terhubung ke jaringan nirkabel atau tidak.

Available wireless networks pada Windows XP
Gambar 1.22: Available wireless networks pada Windows XP.



3. Built-in firewall

Fitur lain yang umum di antara versi-versi terbaru dari sistem operasi adalah built-in firewall, yang membantu melindungi terhadap hacker dan akses tidak sah ke komputer anda dari Internet. Firewall bekerja dengan memblokir semua port dari dan ke internet dan jaringan, kecuali mereka yang Anda beri otorisasi. Anda dapat membeli perangkat lunak firewall pihak ketiga yang menyediakan perlindungan yang sama, namun, built-in firewall bekerja dengan OS dan mengkonfigurasi dirinya sendiri untuk mengotorisasi port ketika Anda mengaktifkan fitur dalam OS yang harus berkomunikasi dengan Internet atau jaringan.


Nama

Index,47,Jaringan Komputer,30,Keamanan Jaringan Komputer,3,Printer,17,Tips,12,Troubleshooting,7,
ltr
item
Gerobak Tutorial: Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer
Sistem Operasi Dan Jaringan Komputer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibU98iI6l0GplZkqq0pnsXUBJiCmnVihF6rl-Tr2fvv5lqqgXEfoYnlkWX6IZN7FlxtfMBZpB5k1XBBSDZWlIusqp-tGDMv6z6-JxsptcdsV3IWapPE18d8rhQgA519KC6spX4l8qiVT-1/s320/Gerobak+Tutorial+-+Sistem+Operasi+Dan+Jaringan+Komputer.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibU98iI6l0GplZkqq0pnsXUBJiCmnVihF6rl-Tr2fvv5lqqgXEfoYnlkWX6IZN7FlxtfMBZpB5k1XBBSDZWlIusqp-tGDMv6z6-JxsptcdsV3IWapPE18d8rhQgA519KC6spX4l8qiVT-1/s72-c/Gerobak+Tutorial+-+Sistem+Operasi+Dan+Jaringan+Komputer.jpg
Gerobak Tutorial
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/sistem-operasi-dan-jaringan-komputer.html
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/sistem-operasi-dan-jaringan-komputer.html
true
1688899464443038419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content