--> Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server | Gerobak Tutorial

Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server

Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server | Gerobak Tutorial - Perangkat keras jaringan komputer mencakup semua komputer, peripheral...

Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server | Gerobak Tutorial - Perangkat keras jaringan komputer mencakup semua komputer, peripheral, kartu interface dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk melakukan pengolahan data dan komunikasi dalam jaringan komputer. Pada bab ini secara keseluruhan akan dijelaskan mengenai perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer rumah, kantor, lab komputer dll.

Komputer Server

Komputer server adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang berfungsi mengontrol jaringan komputer. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan, server adalah komputer khusus yang diatur untuk satu atau lebih tujuan. Sebagai contoh, pengguna dapat men-setup server untuk otentikasi dan mengizinkan atau melarang user mengakses jaringan, mengirim/menerima file, email, mengelola dan cetak pekerjaan, atau sebagai host sebuah website. 

Karena server umumnya melayani kebutuhan 24 jam maka server dalam skala jaringan besar biasanya tidak pernah dimatikan. Oleh karena tugasnya yang berat maka komputer server diciptakan secara khusus. Apakah semua komputer bisa jadi server? Untuk skala besar tidak, tetapi untuk skala kecil misalnya laboratorium sekolah, komputer klien dengan penambahan memori dan processor lebih besar sudah cukup untuk dijadikan server.

1.1. Tugas Utama Komputer Server

Tugas yang dilakukan oleh komputer server tergantung pada penggunaan komputer server.
Saya akan jelaskan klasifikasi dari server, pada tahap berikutnya.
1) Toko aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer jaringan.
2) Menyediakan fitur keamanan komputer.
3) Melindungi semua komputer yang terhubung ke menggunakan firewall.
4) Menyediakan alamat IP untuk untuk perangkat yang terhubung jaringan. Sebuah alamat IP adalah nomor unik dalam format yang xxx, dimana x berupa nomor 1 sampai 3 digit, yang digunakan untuk mengenal setiap komputer dalam jaringan.

1.2. Fitur Server

Server yang Anda pilih untuk organisasi Anda, harus memenuhi kondisi tertentu. Harus memiliki ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer klien. Misalnya pada lab komputer ada 50 komputer siswa yang member query sekaligus maka server akan sangat sibutk. Aspek berikutnya adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam Giga Hertz dan perlu memadai untuk menjalankan semua perintah yang diminta oleh user.

Kecepatan prosesor yang optimal sangat mutlak karena diperlukan untuk menyediakan fasilitas multitasking. Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server, perlu cukup besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam sebuah jaringan, pengguna komputer umumnya menyimpan informasi pada komputer server agar mudah untuk berbagi.


1.3. Jenis Server

Berbagai jenis server komputer dapat dikategorikan dalam dua kategori utama.

1) Dedicated Server

Jenis server ini melakukan fungsi tertentu, seperti hosting situs web. Ada berbagai layanan web hosting, yang menggunakan dedicated server untuk situs web hosting. Pada pembayaran sejumlah uang tertentu, Anda dapat meng-upload halaman web Anda pada server komputer mereka. Mereka akan melakukan tugas hosting website Anda. Jenis ini server harus sangat kuat karena mereka harus menangani lalu lintas web yang mencoba untuk mengakses halaman web yang terkandung di dalamnya.

2) Shared Server

Sebuah komputer Shared Server adalah server biasa, yang digunakan dalam jaringan, untuk beberapa pengguna. Sejumlah besar aplikasi, database dll yang tersimpan di dalamnya. Pengguna yang berbeda terhubung ke server dan mengakses server tergantung pada kebutuhan mereka. Server ini tidak perlu sama seperti dedicated server. Contoh yang paling umum untuk jenis server ini adalah server aplikasi. Sebuah server aplikasi menyimpan semua informasi yang diperlukan oleh orang-orang di dalam jaringan. Di banyak organisasi, karyawan sering diberikan terminal dummy. Ini berarti bahwa, mereka memiliki keyboard komputer dan monitor komputer, tetapi seluruh proses dan penyimpanan dilakukan pada komputer server. Komputer klien tidak memiliki hard disk individu, sebaliknya mereka menyimpan data pada hard disk server komputer.
Komputer server dalam skala besar
Gambar 2.1 : Komputer server dalam skala besar


Komputer server dalam skala kecil (lokal)

Komputer server dalam skala kecil (lokal)
Gambar 2.1 : Komputer server dalam skala kecil (lokal)

Nama

Index,47,Jaringan Komputer,30,Keamanan Jaringan Komputer,3,Printer,17,Tips,12,Troubleshooting,7,
ltr
item
Gerobak Tutorial: Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server
Komputer Server dan Tugas Utama Komputer Server
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk6ZnwdG01KtDHg5Cp41wdCbNt9GFYVPupYRANgVgPgXGsiT_UFNKjfRsHxwdg3xPLHWdc_-uCDtQDPNPYW_o46mvT08EiT8vx2AQ4wTGZzKH8kBM2jAgy2Jior9sefYYS3X6vZdjftQha/s1600/Gerobak+Tutorial+-+Komputer+Server+dan+Tugas+Utama+Komputer+Server+-+Komputer+server+dalam+skala+besar.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk6ZnwdG01KtDHg5Cp41wdCbNt9GFYVPupYRANgVgPgXGsiT_UFNKjfRsHxwdg3xPLHWdc_-uCDtQDPNPYW_o46mvT08EiT8vx2AQ4wTGZzKH8kBM2jAgy2Jior9sefYYS3X6vZdjftQha/s72-c/Gerobak+Tutorial+-+Komputer+Server+dan+Tugas+Utama+Komputer+Server+-+Komputer+server+dalam+skala+besar.jpg
Gerobak Tutorial
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/komputer-server-dan-tugas-utama-komputer-server.html
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/
https://gerobaktutorial.blogspot.com/2017/10/komputer-server-dan-tugas-utama-komputer-server.html
true
1688899464443038419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content